Langsung ke konten utama

Biore Uv Aqua Rich vs SKIN AQUA [Sunscreen Battle]

Halo :)
Terima kasih sudah mampir <3

Kali ini saya akan memberikan review singkat mengenai sunscreen yang lagi diidola-idolakan yaitu Biore UV Aqua Rich Essence vs Skin Aqua












Disini saya tidak akan memberikan review mengenai pembeda produk, dari ingredients, swatch, warna,dan lain-lain karena bakal panjang (Silahkan cari di review female daily atau review-review yang ada di blogger lain :D ). Saya akan to the point ke kesan pemakaian hingga kesimpulan saya selama memakai produk tersebut selama kurun waktu tertentu kemudian akan saya battle-kan
Mungkin dari sini akan berguna, bagi kalian yang masih bingung harus membeli sunscreen yang mana :)

Di awali dengan Biore Uv Aqua Rich
Awal mula saya beli adalah share in jar dalam kemasan 10ml, dan saya belum buka sama sekali hingga kemudian ada saudara ngasih saya yang fullsize, dia beli di guardian. 
Saya beli karena saya penasaran, para beauty vlogger macam suhay, fattiya biya, dan lain-lain merekomendasi doi sebagai produk uv andalan mereka.
Awal-awal saya pakai yang share in jar dulu, biar nggak sayang kalau nyoba fullsize nggak cocok.
Harganya?
mulai dari 90-130 ribuan tergantung toko
Baunya?
citrus segar
Tekstur?
Kaya tekstur saos (?) gitu, nggak kental-nggak cair-nggak gel juga, warnanya kuning, tapi setelah dibaurkan cepat menyerap
Review?
Saya tidak melanjutkan memakai produk ini setelah pemakaian kurang lebih 2 minggu. Kenapa? nanti saya jelasin di bawah setelah saya  cerita singkat tentang skin aqua ya :)

Skin Aqua
Beli skin aqua karena stop menggunakan biore uv. Karena tipe kulit saya combo dan sangat berminyak di T-zone, saya berniat beli yang gel (spf 30), tapi waktu itu di mutiara jogja lagi sold out jadi beli lah yang spf 50 itu. Awalnya agak nyesel, karena asal beli aja yang spf 50, takutnya nggak cocok apalagi ada tulisan "moisture milk" nggak ngebayangin udah moisture dan milk bakal double moisturizer gitu, takut muka berminyak. BUT NOOOO OMG HAHAHA
Btw sekarang pakai yang spf 30, yang gel, karena yang spf 50 sudah habis :)
Harganya?
45-55 ribu tergantung toko
Baunya?
Nggak ada baunya
Tekstur?
Milky, cair
Review?
Produk pertama yang habis karena dicintai bukan karena terpaksa dihabiskan. Saya memakai skin aqua selama jangka waktu 1 bulan, tiap hari, dan tiap 5 jam sekali/habis wudhu saya olesin lagi. Jadi boros, boros banget. tapi cinta. gimana ya haha. 

Jadi begini gaes.....
NEVER SKIP SUNSCREEN STEP
really
NEVER
saya membiasakan diri tiap pagi setelah skincare step, saya akhiri dengan pemakaian sunscreen (jarang pakai makeup sekarang).  Yang bikin muka kalian kusam,cepet tua, kendor, flek hitam, kerut itu nggak lain adalah dari sinar matahari. Sadar diri lah kita tinggal di negara tropis yang kalau terik naudzubillah,  jemuran aja sehari kering :)
Ini salah satu kasus yang saya temui di media internet. Sopir yang wajahnya separuhnya tua karena terkena paparan sinar matahari. (maaf ya cuma screenshot :) )



Sunscreen yang mengandung SPF saja sebenernya nggak cukup untuk melindungi kulitmu dari paparan sinar matahari. Setidaknya dibutuhkan sunscreen yang mengandung PA
sebelumnya saya jelaskan secara singkat mengenai apasih SPF dan apasih PA

SPF 
Merupakan singkatan dari : Sun Protection Factor
SPF hanya melindungimu dari sinar UVB. UVB itu yang membuat kulitmu terasa terbakar atau sunburn kemerah-merahan. Gampangnya gini: UVB>> UV-Burn  
Kalau kalian pernah menemui SPF sebagai kandungan pada suatu produk, berarti dia hanya sebatas melindungi kulitmu dari sinar UVB

PA
Merupakan singkatan dari: Protection Grade of UVA
semakin tinggi " + " pada PA, maka semakin tinggi pula perlindungan dari sinar UVA. UVA adalah penyebab utama kulit kalian grade-nya menurun, kusam, kumal, kerut, dark spot, bertekstur. Gampangnya gini: UVA>>UV-Aging. UVA merupakan yang paling bahaya karena bisa masuk hingga lapisan kulit dalam
Apabila kalian menemui produk yang mengandung spf dan PA,maka produk tersebut dapat melindungi kalian dari sinar UVA-UVB


Saya sangat cerewet masalah kandungan SPF dan PA karena SPF aja nggak cukup sekarang. Kedua produk ini, Biore dan skin aqua sama-sama memiliki kandungan SPF dan PA, hanya kadar PA dalam biore setingkat lebih tinggi dibandingkan skin aqua. Apabila kalian bermasalah dengan hiperpigmentasi, maka carilah kandungan PA tertinggi, di Indonesia jarang ditemui kandungan PA ++++ paling pol adalah PA+++. Biore baru masuk ke Indonesia juga belum lama ini dan merupakan produk impor. 
Sebagus-bagusnya atau semahal-mahalnya kosmetik yang kalian pakai, jangan pernah lewati step sunscreen dan rutin re-apply, jujur, untuk jangka panjang, kedepannya,kalian nggak akan menyesal karena saya sendiri sudah sedikit merasakan perbedaannya masa-masa sebelum-sesudah memakain sunscreen. Bahkan saya rela demi bisa re-apply sunscreen saya jarang memakai makeup :D 

"kak, kalau saya pakai bb cream yang ada spf 30 nya cukup kan ya nggak perlu pakai sunscreen lagi" 
Nope, saya pernah pakai moisturizer wardah yang mengandung spf 30, dan itu tidak mencegah saya dari sunburn dan hiperpigmentasi. It's so bad decision
Pakailah sunscreen yang benar2 sunscreen jangan banyak alesan ah

REVIEW SAYA
Jujur, setiap hal pasti ada hitam putihnya. Begitupun sunscreen ini, tapi saya ingatkan kembali ini menurut pribadi saya, mungkin di kalian beda, di teman kalian beda lagi, di saudara kalian beda juga. Pada dasarnya saya hanya ingin membagikan pengalaman saya dalam mencari sunscreen yang benar-benar klop di wajah saya.
Carilah what's good for you, bukan "kata dia bagus" belum tentu di kamu bagus
kaya pengalamanku....
Bukannya saya tidak menyukai Biore, secara keseluruhan produk ini sangat baik mengingat harganya agak ehem ehem untuk anak kos miskin seperti saya, kandungan PA nya juga menang dari Skin Aqua. Jujur, this is not for me.  Meski dikata banyak orang yang memberi rating bagus pada sunscreen ini, I say no thank you, to this product.
Selama pemakaian kurang lebih 2 minggu itu, saya ada merasakan gatal di wajah saya pasca keringatan. Wajah jadi agak lengket, rasanya kaya habis olahraga-keringatan nah rasanya kaya begitu, sebah di muka. Ketidak nyamanan saya bertambah ketika lama kelamaan daerah mata saya lama-lama jadi perih dan sensian, ya, karena produk ini mengandung alkohol. "Jangan diaplikasikan ke mata kalau begitu" lah mata kan juga mengalami penuaan, justru yang paling cepat karena kulitnya tipis, setidaknya bisa lah produk sunscreen diaplikasikan ke kulit daerah mata.
Untuk anti white cast? hmm blm pernah nyoba foto pake flash :D
Untuk bau? okelah seger
Untuk menahan minyak, hmmmmm, so-so, biasa ah
Untuk harga? NOPE, saya anak kos miskin
Kalau kalian aktivitasnya di ruang ber-AC, atau pergi pakai mobil ber-AC, mungkin sangat bisa menahan minyak. Tapi kalau seperti saya yang bolak-balik naik motor atau nge-gojek, kena asep kendaraan, kena hawa panas, terik, debu, this is not for me. Jujur sekali-sekali saya pengen tanya beauty blogger yang ngasih review suatu produk: "kakak ngereview begini berdasarkan pengalaman naik motor atau mobil? kerja di ruang AC atau panas-panasan atau cuma stay di rumah aja?"
Karena itu sangat sangat berpengaruh ke "hasil" review mereka. Oh kalau naik motor ga bagus, oh kalo naik mobil bagus.
Intinya itu tadi, produk ini nggak buat saya, nggak banget
Nggak bikin breakout di saya
tapi bikin kulit gatal dan malah kerasa lengket-gerah, dan kulit sekitar mata jadi sensi.

Skin Aqua oh Skin Aqua
Mereka punya 4 varian, cocokin aja sama kebutuhan kalian. Kebetulan waktu itu dapet yang spf 50 PA+++, terima aja, toh saya juga suka bolak-balik naik motor ke kampus, kena terik, mataharinya juga garang. Awal diaplikasiin disturbing tekstur di muka jadi kaya milky-milky gitu. OMG WHY HARUSNYA BELI YANG GEL SPF 30. Saya takut berminyak, saya takut kemudian muka minyak itu nangkep banyak debu dan bikin breakout. Eh engga tuh.
Kulit saya combo, kering di beberapa tempat, dan sangat berminyak di T-zone. Sunscreen ini amazingly cocok di kulit saya, SPF dan PA nya pun paling tinggi diantara varian yang lain. Saya rutin memakainya selama 1 bulan penuh dan rutin re-apply 5 jam sekali.
Sama sekali tidak membuat kulit saya bruntusan dan tidak membuat kulit saya lengket-lengket manja kaya biore.

Kemudian sunscreen ini habis, belilah saya yang spf 30 pa++, karena di awal memang ngidam yang varian ini. Oh ternyata PA nya cuma 2, agak nyesel, taunya beli yang 50 aja.
Jujur lho, ini di kulit rasanya mirip banget sama biore (bedanya nggak bau jeruk gitu aja). TAPI, menurut saya skin aqua ini sangat bisa menahan minyak lebih dari biore. Setelah di aplikasikan langsung menyerap, malah kaya air gitu. But again, this is not for me. Kenapa? Ini buat kulit saya agak kering :"
Mungkin sangat sangat cocok apabila kulit saya tipe oily
tapi kulit saya combo, jadi di daerah pipi, dahi, dagu itu kering, dan di hidung flawless *lah
tapi apabila disuruh memilih, dari segi kenyamanan, saya lebih memilih skin aqua ketimbang biore.

Btw gaes
ini pendapat pribadi saya, saya tidak merekayasa untuk menjatuhkan suatu produk. Ini berdasarkan pengalaman saya mencoba produk tersebut dalam kurun waktu tertentu. Mungkin di kalian cocok biore, that's okay! that's good! karena menemukan produk yang bener-bener cocok buatmu itu sulit :)
Bagi saya, selama udah nemu yang cocok, udah itu aja
selain ekonomis, sayang wajah, wajah cuma satu, nggak bisa dituker, kalo rusak karena nggak cocok juga sayang. Banyak racun di luar sana, racun dunia hahaha, tapi yakinlah, what best for them maybe isn't working for you

Kembali lagi saya ingatkan untuk tidak melewati step sunscreen
Karena efeknya akan terasa di kemudian hari, saya sudah merasakannya
kulit saya jadi lebih seger, dan sudah nggak dipanggil ibu-ibu sama mbak kasir indomaret (hahahaha ya Allah, ya gusti). Jangan lupa untuk re-apply, panduannya ada kok setiap berapa jam sekali tergantung tinggi rendahnya spf yang kalian pakai, tinggal cari di google yaaa :)

Ini metode yang saya pakai untuk touch up sunscreen yaitu pakai cushion bekas saya cuci bersih sponge dan tempatnya saya sterilkan dengan alkohol, tunggu kering, baru tuang sunscreen ke wadah cushion. Kalau sistemnya mau lebih higienis, belilah yang it's my cushion itu. Cara ini lebih gampang bagi kalian yang mau touch up diatas makeup, tinggal tepuk tepuk pakai sponge 😁

Tips:

Kurangilah pemakaian kosmetik, biarkan wajahmu bernafas pakai sekiranya, banyak beauty blogger yang membuat tutorial makeup without foundation juga :)
Jangan lupa selalu bersihkan wajah dengan double cleansing, nggak perlu yang mahal-mahal pakai cleansing balm segala. Produk lokal sedari dulu sudah menerapkan double cleansing dengan milk cleanser-toner, bisa produk viva, sariayu, mustika ratu. (saya pakai viva varian timun dan air mawar sebagai toner). Boleh pakai miscellar water, pakai yang ada oil-nya untuk hasil pembersihan yang lebih baik πŸ˜„
Pada dasarnya sunscreen tidak membuat breakout
Tapi keadaan kulit yang kotor yang bikin breakout
Maka dari itu jagalah kebersihan wajah

Apabila mau lebih pede, effort nya dilebihkan ke skincare daripada ke kosmetik, karena diawali dari kanvas yang baik untuk hasil yang baik 
(using only sunscreen and nude lipstik)

salam <3

Komentar

  1. Kk make skin aquanya it habis makeup atau sebelum make up?? Tlg djawab y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kakak
      Saya makainya sebelum makeup. Tapi krn ada keharusan touch up sunscreen tiap beberapa jam sekali apalagi sering aktivitas diluar, saya pakai sunscreen diy pakai wadah cushion (tinggal di tap tap aja, berhubung sunscreen ini tidak berwarna, jd ga perlu hapus makeup, meski ini agak kurang higienis, saya saranin sih hapus dulu makeup baru di aplikasiin lagi).

      Saya akhir2 ini nggak pernah pakai makeup pol cuma primer buat bela2in bisa touch up sunscreen, soalnya sering outdoor kegiatan saya, tp disesuaikan sama kebutuhan.

      Terima kasih sudah mampir kak, semoga membantu 😘

      Hapus
  2. Kk make skin aquanya it habis makeup atau sebelum make up?? Tlg djawab y

    BalasHapus
  3. Saiah dulu cucok meong pakek skin aqua yg gel. Kira2 pake 3 taunan. Tapi dua tahun belakangan, ngerasa kalo tipe kulit berubah dan terus malah jadi bruntusan. Pake yg milk malah makin parah. Akhirnya nyoba pake dr belimbing island. Cucok setaun, sblm bruntusan lagi πŸ˜‚ Akhirnya nyoba biore ini. Staun trakhir ini cucok sih. Mudah2an aja cucok terus.... Nyari sunscreen yg pas itu lebih syusyah ketimbang nyari serum 😭😭😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih sudah mampir kak :)
      Iya kadang ada respon dari kulit terhadap skincare yang udah biasa dipakai, kata orang sih "udah kebal" . Saya juga lagi nyari-nyari alternatif ini kalau skin aqua udah nggak cocok lagi, soalnya kalau pakai biore udah nggak banget, padahal bisa dibilang sunscreen yang bagus harganya agak mehong ya :"(

      Hapus
  4. Kak, beli Skin Aqua Moisture Gel dimana ya klo di jogja? Rekomendasi beberapa tempat gtu kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kakak terima kasih sudah mampir ❤️
      Saya rekomendasikan di mutiara kak, kadang ada potongan harga, mutiara ada 3 cabang di Jogja di katamso di sutomo sama satunya dimana lagi gitu hehe. Sepertinya di Hypermart dan kopma UNY jalan ugm juga sudah ada kakak. 😘

      Hapus
  5. Halo, kamu kalo lagi full make up caranya buat re apply gimana? Trus moist dulu atau ss dulu sih? Kalo moist nya berupa tone up cream gimana itu? Makasih yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Moisturizer dulu ya kak stepnyaπŸ‘Œ
      Kalau toneup cream pemakaiannya setelah sunscreen kak, stepnya biasanya yg cair2 dulu baru ke yg lebih padat

      Saya re-apply pakai diy cushion sunscreen kak, jd saya punya cushion bekas yg sudah saya cuci dan sterilkan lalu diisi sama sunscreen tp saya bilang ini agak ga higienis dan memungkinkan timbul jerawat πŸ˜…
      Baiknya sih tetep hapus makeup dulu, lalu apply lagi, tapi kalau ribet bs pake subtitusi sunscreen yg bentuknya semprot lho nivea, oriflame, biore, anessa itu ada tp expect
      harga yg high price ya πŸ‘ŒπŸ‘Œ

      Hapus
  6. Cobain yg skin aqua sarafit spf 50 PA ++++, enak bgt

    BalasHapus
  7. kak, kalau pakai yg skin aqua itu bikin muka lama lama jd kusam gt g sih?

    BalasHapus
  8. Apakah skin Aqua ini mengandung alcohol dan fragrace

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

REVIEW MORINGA OIL FOR OILY FACE (manfaat minyak biji daun kelor)

Halo Saya mau share pengalaman saya seputar per- skincare -an Akhir-akhir ini saya menekuni skincare rutin karena saya sudah melihat sendiri hasilnya gimana ke kulit saya. Seperti post saya sebelumnya kulit saya sekarang jauh lebih baik dari sebelumnya, karena saya melakukan skincare rutin meski nggak semua step nya saya lakukan. Tapi baru-baru ini saya menemui beauty vlogger dari youtube yaitu mbak shallow stuff (berikut link channel Youtube doi: https://www.youtube.com/channel/UCTNsNoujsf7ZNA7On9KtJDQ ). Dan ini dia si mbak manis ayu ini :) Kelebihan channel ini, mbak ini apa adanya, jadi kalau review ya jujur, nggak ikut-ikutan, nggak endorse, dan produknya gampang dijangkau oleh kantung mahasiswa miskin seperti saya :"") Anyway video pertama yang saya lihat adalah ini Mbak shallow stuff ini kelihatan masih imut-imut kan? kaya mahasiswa gitu, tapi sebenernya doi sudah menjadi seorang ibu lho. RAHASIANYA APA DONG KOK MASIH IMUT GITU?? (muka juga mulus n

[HONEST REVIEW] avoskin intense nourishing eye cream

Beberapa waktu lalu saya menekuni  korean skincare step dan membuahkan hasil di saya, cuma saya selalu skip step eye cream karena memang belum punya produk eye cream berhubung harga eye cream korea untuk kantong mahasiswa sangatlah mahal.  Beberapa beauty vlogger mengatakan eye cream nggak sebegitu penting, dan nggak begitu worth untuk di beli, tapi pendapat pribadi saya eye cream tetap penting, karena ya, kulit daerah mata itu tipis rentan kerut.  Saya masih 22 tahun, tapi saya menekuni bidang desain, yang deadline nya luar biasa mepet-mepet, jadi ya waktu tidur kacau, dan itu mempengaruhi  keadaan daerah mata saya, jadi tampak sayu, berkantung, gelap, dan agak berkerut, jujur jadi kelihatan lebih tua. Berikut penampakan mata saya tanpa makeup (kamera depan). Kaya habis berantem sama ibu mertua dah Saya sebenernya agak parno sama eye cream, karena kulit sekitar mata saya sangat sensitif, apa-apa perih, jadi takut kalau salah beli eye cream, apalagi yang mahal-mahal tak